Alam Kubur Adalah Hak Atau nyata

ADS GOOGLE

Alam Kubur Adalah Hak Atau nyata

D2Ubed April 06, 2014 0 komentar
Short URL:
Alam kubur adalah awal kehidupan Hakiki dari seorang manusia mempelajari apa-apa yang terjadi di alam kubur banyak memberikan Faedah,seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada nikmat kubur tentu akan berusaha sebisa mungkin selama ia masih hidup,agar menjadi orang yang layak mendapatkan nikmat kubur kelak,Seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada Adzab kubur juga akan berusaha sebisa mungkin agar ia terhindar dari siksa kubur tersebut,Nikmat dan Adzab kubur adalah perkara yang Gaib yang tidak terhindar oleh manusia,manusia yang merasakannyapun tidak dapat mengabarkannya kepada orang yang masih hidup akan kebenarannya,maka satu-satunya sumber kita adnya nikmat kubur dan Adzab kubur adalah kembalilagi kepada Al-Qur'an dan sunnah,dan banyak sekali dari dalil Qur'an yang menetapkan adanya alam kubur,Namun sbagian orang dari kalangan ahlul bidah mengingkarinya karena penyimpangan mereka dalam memahami dalil-dalil syari.

Alam Kubur adalah awal perjalanan akhirat,barang siapa yang selamat di alam kubur,maka setelahnya akan lebih mudah,maka siapa yang tidak selamat,maka setelahnya akan lebih berat.
Jadi jelas bahwa karena begitu jauhnya perbandingan antara siksa kubur dengan siksa mereka kelak di hari kiamat,hingga ketika mereka masih di siksa  di alam kubur di anggap masih dalam masa penangguhan.
Sebagian ulama memang menafsirkan,secara mutlak bahwa maknanya adalah mereka tidak akan mendapatkan Adzab hingga hari kiamat,namun yang di maksud adalah sebagaimana yang di ungkapkan ibnu katsir dan al baghawi di atas,karena Faktanya,sebagian orang kafir di adzab bahkan ia masih hidup,Penolakan adanya Adzab kubur adalah pemahaman baru yang tidak ada pendahulunya,serta bertentangan dengan ratusan Dalil.

Dan pada hari terjadinya Hari kiamat,bersumpahlah orang-orang yang berdosa,
"Mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja).
Seperti demikianlah mereka selalu di palingkan (dari kebenaran)".(QS.Ar-Ruum:55)

Para ahli tafsir menjelaskan mengenai makna sesaat,Al Baidhawi berkata,maksudnya adalah masa di alam kubur di anggap terlalu sebentar jika jika di bandingkan dengan lamanya siksaan mereka di akhirat kelak,atau penafisran yang lain,mereka akan lupa lamanya berada di alam kubur,(Anwar At Tanziil,4/488).sebagian ahli tafsir memaknai bahwa maksudnya adalah masa ketika hidup di dunia,Al Baghawi mengatakan,maksudnya adalah masa di dunia terlalu sebentar di banding dengan akhirat,(Maalim At Tanziil,6/278).Seluruh tafsiran di atas tidak ada yang bertentangan dengan dalil-dalil adanya adzab kubur.

Posted by D2Ubed, Published at April 06, 2014 and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Advertisement

IKLAN DISINI